Saturday, April 13, 2013

contoh skripsi "HUBUNGAN PRESTASI PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA"


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Prestasi belajar adalah suatu hasil yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar  yang menggambarkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang dapat dilihat dari nilai Bahasa Inggris dalam raport, indeks prestasi studi, angka dan predikat keberhasilan. Bagi peneleti Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau  keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan  dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.
Khususnya dalam bidang bahasa inggris, banyak siswa memandang bahasa inggris sebagai bidang studi yang paling sulit. Berdasarkan hasil penelitian sementara,  ditemukan bahwa tingkat  penguasaan peserta didik dalam bahasa inggris pada semua jenjang pendidikan masih sekitar 34 %.           Banyak siswa yang mengalami masalah dalam belajar akibatnya prestasi belajar yang dicapai rendah. Untuk mengatasi hal tersebut perlu ditelusuri faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar bahasa inggris salah satunya  faktor yang mempengaruhi adalah metode belajar.
Prestasi belajar yang telah dicapai  oleh seorang siswa merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang saling mempengaruhi satu sama lain. Faktor- faktor  tersebut  datangnya mungkin dari dalam diri ataupun dari luar diri individu.  Dengan mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi akademik, maka akan mempermudah atau membantu siswa mencapai prestasi akademik yang memadai dan optimal.
Kesulitan yang mendasar dibidang non akademik diantaranya ketegangan dalam bergaul dengan teman sebaya, kondisi keluarga yang kurang kondusif, rasa minder dan rendah diri, kurangnya fasilitas rumah dan makanan yang bergizi. Sedangkan kesulitan yang seringkali muncul dalam bidang akademik yaitu rendahnya motivasi belajar, tidak mengetahui cara belajar yang baik, peraturan sekolah yang terlalu bebas atau terlalu ketat, bahan pelajaran yang terlalu banyak, dan sulitnya mengatur waktu belajar yang baik.[1]
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting bagi perkembangan dan kemampuan siswa. Dengan pendidikan diharapkan individu (siswa) dapat mengembangkan potensi-potensinya agar  mencapai pribadi yang bermutu. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal mengemban tugas yang cukup berat diantaranya sebagai fasilitator bagi siswa untuk  mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal. Indikator keberhasilan sekolah dalam mengemban tugasnya dapat dilihat dari pencapaian prestasi belajar yang tinggi dan berbagai keterampilan khusus yang dimiliki oleh peserta didik. Keberhasilan dari sebuah proses belajar di sekolah diukur dengan prestasi akademik yang dicapai siswa. Prestasi belajar siswa merupakan suatu istilah yang menunjukkan derajat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar setelah melakukan proses belajar dari  suatu program yang telah ditentukan. Prestasi belajar merupakan hasil kegiatan belajar dan kemajuan siswa yang berkenaan dengan penguasaan bahan pelajaran yang diajarkan. Prestasi belajar pula yang menjadi tolak ukur dari tingkat pemahaman siswa terhadap materi tertentu yang telah diberikan setelah siswa mengalami proses belajar pada jangka waktu tertentu dan dinyatakan dalam bentuk nilai.
Seharusnya prestasi belajar yang dicapai siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal.[2] Penyebab utama kesulitan belajar  ( learning disabilities )  adalah faktor internal yaitu diantaranya minat, bakat, motivasi,  tingkat intelegensi. Sedangkan penyebab utama problema belajar  ( learning problems ) adalah faktor eksternal antara lain berupa strategi pembelajaran yang keliru, pengelolaan kegiatan belajar yang tidak membangkitkan motivasi belajar anak, maupun faktor lingkungan keluarga, masyarakat yang sangat  berpengaruh  pada prestasi belajar yang dicapai oleh siswa.
Tapi pada kenyataannya masih banyak siswa di Indonesia yang menganggap bahwa faktor-faktor tersebut tidak menjadi tolak ukur dalam meningkatkan prestasi belajar. Ada siswa yang hasil belajarnya tinggi dan ada pula siswa yang hasil belajarnya rendah. Tingkat  penguasaan belajar dalam setiap mata pelajaran dapat dilihat dari prestasi belajar.[3] Persoalan dari masalah tersebut bisa terjadi dikarenakan masih banyak guru mata pelajaran bahasa inggris yang monoton terhadap cara penyampaian materi yang diajarkan. Masalah seperti ini perlu mendapat perhatian dan dikaji dengan teliti, karena hal tersebut akan menyebabkan gangguan prestasi belajar siswa yang semakin lama semakin menurun.
Oleh karena itu, Berdasarkan uraian di atas maka skripsi ini mengambil judul :
HUBUNGAN PRESTASI PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDIT LAB SCHOOL ISTEC KEL. BOJONG RAWA LUMBU KEC. RAWA LUMBU KOTA BEKASI (Studi Pada Kelas IV Disemester Genap Tahun Ajaran 2011/2012)
B.     IDENTIFIKASI MASALAH
Persoalaan prestasi belajar bahasa inggris dipengaruhi banyak hal, yaitu :
1.      Penggunaan kurikulum.
2.      Sarana dan prasarana.
3.      Sumber daya manusia, para pendidik di SDIT Lab School ISTEC.  
4.      Hasil belajar tiap mata pelajaran.
C.    PEMBATASAN DAN PERUMUSAN MASALAH
a.      Pembatasan Masalah
Dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan penelitian dari awal pembuatan skripsi ini hingga akhir pembuatan atau sebelum pembuatan skripsi ini berakhir. Penulis meneliti semua kegiatan yang berhubungan dengan hubungan antara prestasi pelajaran bahasa inggris dengan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lab School ISTEC yang beralamat di Jalan Jambrud Raya Perumahan Pesona Metropolitan Kel. Bojong Rawalumbu Kec. Rawalumbu Kota Bekasi
b.      Perumusan Masalah
Berdasarkan dari pembahasan yang penulis kemukakan  di atas, maka permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut :
a.       Bagaimana hubungan prestasi pelajaran bahasa inggris dengan prestasi belajar siswa di SDIT LABSCHOOL ISTEC di Jalan Jambrud Raya Perumahan Pesona Metropolitan Kel. Bojong Rawalumbu Kec. Rawalumbu Kota Bekasi?
b.      Bagaimanakah nilai tiap mata pelajaran di SDIT LAB SCHOOL ISTEC di Jalan Jambrud Raya Perumahan Pesona Metropolitan Kel. Bojong Rawalumbu Kec. Rawalumbu Kota Bekasi?

D.    TUJUAN DAN SIGNIFIKANSI PENELITIAN
1.      Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui sejauhmana hubungan prestasi pelajaran bahasa inggris dengan prestasi belajar siswa di SDIT LABSCHOOL ISTEC di Jalan Jambrud Raya Perumahan Pesona Metropolitan Kel. Bojong Rawa Lumbu Kec. Rawa Lumbu Kota Bekasi.
b.       Untuk mengetahui pencapaian nilai tiap mata pelajaran di SDIT LABSCHOOL ISTEC di Jalan Jambrud Raya Perumahan Pesona Metropolitan Kel. Bojong Rawa Lumbu Kec. Rawa Lumbu Kota Bekasi.
2. Signifikansi Penelitian
     Manfaat dari peneletian ini adalah :
a.          Signifikansi teoritis
1.      Mendapat teori baru tentang hubungan prestasi pelajaran bahasa inggris dengan prestasi belajar siswa di SDIT LAB SCHOOL ISTEC
2.      Sebagai dasar penelitian berikutnya yang sejenis.
b.       Signifikansi praktis
1.      Dapat dijadikan kegiatan dalam memajukan sekolah yang telah deteliti.
2.  Sekolah dapat mengevaluasi hal-hal yang mengenai penelitian dalam  meningkatkan prestasi belajar siswa di berbagai mata pelajaran sekolah.
3.      Sebagai acuan peneliti untuk meningkatkan kesadaran bahwa sangat pentingnya prestasi belajar siswa pada saat peneliti menjadi seorang guru.
E.     SISTEMATIKA PENULISAN
Penulisan skrpsi ini, disusun secara sederhana sesuai degan hasil penelitian. Adapun sistematika penulisannya terdiri dari lima bab dan beberapa sub bab, diuraikan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN:
            Berisi tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan dan perumusan masalah, tujuan dan signifikansi penelitian serta sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
 Berisi tentang deskripsi teori, kerangka berfikir, dan hipotesis.
BAB III KERANGKA METODOLOGIS
  Berisi tentang metodologi penelitian, populasi dan sampel serta penarikan sampel, tekhnik pengumpulan data, dan tekhnik analisis data.
BAB IV HASIL PENELITIAN
  Berisi tentang deskripsi daerah / institusi, deskripsi karekteristik responden, penyajian analisis data, dan interpretasi hasil penelitian.
BAB V PENUTUP
 Berisi tentang kesimpulan dan rekomendasi.



       [1] Beragam kesulitan yang kerap dihadapi siswa,Winkel (1997) masalah akademik dan non akademik.

        [2] ( Slameto, 2003: 54 )
       [3] Hasan, jakarta cet. 1 th. 2002

No comments:

Post a Comment