Tuesday, July 1, 2014

contoh RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 (Tematik Integratif)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SDIT Lab School ISTEC
Kelas / semester       :  5/ 1
Tema                          :  Benda-benda Di Lingkungan Sekitar
Sub Tema                   :  2 Perubahan Wujud Benda
Pertemuan ke            :  1
Alokasi waktu            :  6 x 1 JP


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya  di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
1.      Bahasa indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan                     bangsa dan lingkungan alam
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana            alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara            melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1. Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

2.      Ilmu Pengetahuan Alam

1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas                  alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta                  mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud                      implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun                   berkelompok
3.4. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7. Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

3.      Matematika
1.1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.3   Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui    pengalaman belajar.
3.2. Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1. Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

C.   INDIKATOR

BAHASA INDONESIA
3.1.1             Menggali informasi dari bacaan tentang keseimbangan alam karena pengaruh kegiatan manusia

4.1.1        Menemukan bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya

      ILMU PENGETAHUAN ALAM
3.4. 1. Mengenal perubahan-perubahan alam yang disebabkan pengaruh kegiatan manusia.
4.7.1   Membuat laporan tertulis hasil studi pustaka tentang perubahan-perubahan alam yang            disebabkan karena pengaruh kegiatan manusia.

MATEMATIKA
3.2.1  Mengenal arti pembagian pecahan.
4.1.1  Melakukan operasi pembagian pecahan

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN 1

            Dengan mencermati gambar peristiwa siswa memahami perubahan yang terjadi pada alam dengan sikap penuh rasa ingin tahu.
            Dengan mengamati teks bacaan, siswa mengetahui bentuk perubahan wujud benda yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia secara logis dan penuh rasa ingin tahu.
            Dengan menggali informasi siswa dapat menalar contoh – contoh perubahan, faktor penyebab, serta dampak yang ditimbulkannya secara logis dan tepat.
            Dengan mencermati teks bacaan siswa memahami Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan Oleh Manusia Terhadap Keseimbangan Ekosistem dengan cermat dan teliti.
            Dengan mengerjakan soal latihan Matematika siswa dapat menyusun pecahan ke dalam pembagian pecahan secara mandiri, cermat dan teliti.
D.    MATERI

a.       Perubahan-perunahan dan danpak perubahan alam
b.      Membaca teks Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem
c.       Pembagian pecahan
E.       PENDEKATAN & METODE:
·         Pendekatan          : Scientific
·         Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


F.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN:

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua peserta didik berdo’a menurut agama masing-masing.
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran peserta didik.
3.      Menyanyikan lagu “hujan”
4.      Menginformasikan Tema yang akan Dibelajarkan.
10 menit
Inti
MENGAMATI
1.      Peserta didik mengamati gambar perubahan-perubahan alam yang ada di buku peserta didik.

2.      Peserta didik menyimak bacaan teks dampak perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia terhadap keseimbangan ekosistem yang dbacakan oleh temannya secara bergiliran.

3.      Peserta didik mengamati bentuk pembagian pecahan .
190 menit

MENANYA
1.      Peserta didik menanyakan tentang bentuk-bentuk perubahan alam secara detail yang ada di teks bacaan buku peserta.
2.      Peserta didik menanyakan kata-kata yang tidak dipahami dalam teks bacaan yang ada di buku tersebut.
3.      Peserta didik menanyakan cara pembagian pecahan.

MENGUMPULKAN INFORMASI
1.      Peserta didik  mengumpulkan informasi tentang bentuk- bentuk internet maupun buku lain.
2.      Peserta didik mencari informasi tentang kata-kata yang sulit dipahami dengan bertanya dan membuka kamus bahasa indonesia.
3.      Peserta didik mengumpulkan informasi dengan menjawab soal pembagian pecahan.

MENGASOSIASI
1.      Peserta didik mengelompokkan bentuk-bentuk perubahan alam.
2.      Peserta didik bisa mengartikan dan memahami kata-kata yang sulit dalam teks bacaan yang ada di buku peserta didik.
3.      Peserta didik mengerjakan ayo berlatih dihalaman 74.



MENGKOMUNIKASIKAN
1.      Peserta didik menjelaskan perubahan alam di sekitar.
2.      Peserta didik menceritakan ulang cerita yang didengar secara singkat.
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang dibuat oleh temannya.

Penutup
1.      Bertanya jawab tentang materi yang sudah dibahas.
2.      Mengajak peserta didik untuk tetap menjadi Hamba Tuhan YME yang selalu berpegang teguh kepada ajarannya dalam perkembangan perubahan-perubahan alam yang terjadi..
3.      Dengan bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan.
4.      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing.
5.      Melakukan penilaian otentik selama proses belajar berlangsung.
10 menit


G.       SUMBER DAN  MEDIA:
·         Gambar perubahan-perubahan alam(power point presentation/guru menyiapkan)
·         Laptop dan infocus
·         Buku Tematik V (kemetrian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia)
·         Lagu “Hujan”


H.      PENILAIAN:
1.   Rubrik penilaian sikap



Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor suai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik     :
Kelas                           : V (Lima)
Tanggal Pengamatan    :
Tema / Sub tema          : 1 / 2
Pembelajaran               : 2
No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari perubahan-perubahan alam





2
Berdoa sebelum dan sesudah memepelajari  perubahan-perubahan alam





3
Mengucapkan rasa syukur setelah memepelajari  perubahan-perubahan alam





4
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi setelah memepelajari  perubahan-perubahan alam





Jumlah Skor




















Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali      : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                 : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup              : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang                         : apabila memperoleh skor  1 – 4








INSTRUMEN PENILAIAN DIRI
PESERTA DIDIK
KELAS V SD

Nama Siswa      :
Kelas                 : V (lima)
Petunjuk :
1.      Bacalah pernyataan berikut dengan cermat!
2.      Berilah tanda (V) pada kolom Ya atau Tidak dengan jujur sesuai pengalamanmu!
3.      Kerahasiaan jawaban dijamin oleh lembaga yang melakukan penelitian.
4.      Jawaban tidak mempengaruhi hasil belajar siswa.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.          saya  berkata apa adanya sesuai dengan apa yang dia ketahui.


2.          saya  menyontek dalam  mengerjakan tugas-tugas sekolah. (-)


3.          saya bertanya  kepada guru bila tidak memahami pelajaran


4.          saya minta ijin bila akan meminjam barang milik orang lain.


5.          saya mengembalikan apabila meminjam/menemukan barang milik orang lain


6.          saya  selesai mengerjakan tugas dari guru sesuai petunjuk.


7.          saya  mengerjakan hal-hal yang melanggar peraturan. (-)


8.          saya menyelesaikan tugas tepat waktu
9.          saya terbiasa antri daripada berebut dengan .


10.      saya mengikuti pelajaran sampai selesai


Jumlah skor



INSTRUMEN PENILAIAN TEMAN SEJAWAT
PESERTA DIDIK
KELAS V SD

Nama Siswa       :
Kelas                 : V (Lima)
Petunjuk :
1.       Bacalah pernyataan berikut dengan cermat!
2.       Berilah tanda (V) pada kolom Ya atau Tidak dengan jujur sesuai pengalamanmu!
3.      Kerahasiaan jawaban dijamin oleh lembaga yang melakukan penelitian.
4.      Jawaban tidak mempengaruhi hasil belajar siswa.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.          Teman saya  berkata apa adanya sesuai dengan apa yang dia ketahui.


2.          Teman saya  menyontek dalam  mengerjakan tugas-tugas sekolah. (-)


3.         Teman saya bertanya  kepada guru bila tidak memahami pelajaran


4.         Teman saya minta ijin bila akan meminjam barang milik orang lain.


5.         Teman saya mengembalikan apabila meminjam/menemukan barang milik orang lain


6.         Teman saya  selesai mengerjakan tugas dari guru sesuai petunjuk.


7.         Teman saya  mengerjakan hal-hal yang melanggar peraturan. (-)


8.         Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu
9.         Teman saya terbiasa antri daripada berebut dengan teman.


10.     Teman saya mengikuti pelajaran sampai selesai


Jumlah skor



PENILAIAN JURNAL
TGL
NAMA
CATATAN PENGAMATAN
Kejadian/peristiwa  
Tindak lanjut
Rentang nilai
Zulhan
Membaca Asmaul husna dengan tartil
Perlu pembiasaan dalam pembacaan Asmaul Husna dengan tartil

Mengacungkan tangan kanan ketika ingin bertanya
Perlu pembiasaan etika yang baik dalam tanya jawab

2.   Rubrik  Penilaian Pengetahuan dan keterampilan
a. Rubrik Penilaian Proses

Nama peserta didik     :
Kelas                            : V (Lima)
Tanggal pengamatan    :

Aspek yang dinilai
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Kemampuan mengamati gambar yang ditayangkan




Kemampuan menanyakan tentang bentuk-bentuk perubahan




Kemampuan menyebutkan dan mengetahui makna kata yang tidak dipahaminya




Kemampuan mengerjakan pembagian pecahan





KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
·           Teknik Penilaian                           :             Tes Tertulis
·           Bentuk Instrumen                       :             Uraian
No
Indikator
                   Butir Instrumen
1
Menggali informasi dari bacaan tentang keseimbangan alam karena pengaruh kegiatan manusia

Sebutkan kosa kata baku dan tidak baku berserta arti dalam teks Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem !
2
perubahan-perubahan alam yang disebabkan pengaruh kegiatan manusia.
Sebutkanlah 2 jenis perubahan yang terjadi karena kegiatan manusia.
3
Melakukan operasi pembagian pecahan
Hasil dari 9/4 : ¾ adalah ....

KUNCI JAWABAN :
1.      Sebutkan kosa kata baku dan tidak baku berserta arti dalam teks Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem !
Jwb : gundul : tidak tertanam pohon dan sejenisnya.
2.      Sebutkanlah 2 jenis perubahan yang terjadi karena kegiatan manusia.
Jwb :
a.       penenbangan hutan secara liar
b.      Penggunaan Bahan-bahan Kimia dan Pestisida secara Berlebihan
3.      Hasil dari 9/4 : ¾ adalah ....
Jwb : 9/4 : ¾ = 9/4 x 4/3 = 36/12 = 3
Pedoman pensekoran :
No Soal
Jawaban  benar
Skor

No Soal
Jawaban  benar
Skor
1
Salah semua
0
4
Salah semua
0

Benar 1
1

Benar 1
1

Benar 2
2

Benar 2
2

Benar 3
3

Benar 3
3
2
Salah semua
0
5
Salah semua
0

Benar 1
1

Benar 1
1

Benar 2
2

Benar 2
2
3
Salah semua
0

Benar 3
3

Benar 1
1

Benar 4
5

Benar 2
2




Benar 3
3
Jumlah skor maksimal
15

b. Rubrik Mencari Informasi
Kompetensi yang dinilai:
·         Pengetahuan tentang bentuk-bentuk perubahan.
·         Keterampilan mencari informasi secara tepat dan akurat dan  menyaksikannya secara baik dan benar.
·         Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas

Nama peserta didik     :
Kelas                            : V (Lima)
Tanggal pengamatan    :
Kriteria 
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang 
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua informasi tentang bentuk - bentuk perubahan sangat lengkap disertai dengan contoh dan dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya

Semua informasi tentang bentuk - bentuk perubahan  lengkap disertai dengan contoh dan dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya

Semua informasi tentang bentuk - bentuk perubahan cukup lengkap disertai dengan contoh dan dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya

Semua informasi tentang bentuk - bentuk perubahan kurang  lengkap disertai dengan contoh dan dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya


Keterampilan







Kemandirian dan management waktu (Attitude)






c. Rubrik Kosakata
Kompetensi yang dinilai:
·         Pengetahuan tentang definisi kosakata-kosakata.
·         Keterampilan menulis dengan menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.
·         Kemandirian dalam mengerjakan tugas

Nama peserta didik     :
Kelas                            : V (Lima)
Tanggal pengamatan    :

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang 
4
3
2
1

Pengetahuan









Penggunaan bahasa
Seluruh definisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa ada kesalahan
Seluruh definisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar denga 1-2 kesalahan
Seluruh definisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar denga 3 kesalahan
Terdapat lebih dari 3 kesalahan dalam penulisan definisi dan kalimat

Kemandirian dan pengumpulan tugas






Keterampilan








Bekasi, 05 Juni 2014

Mengetahui                                                                                                   Guru Kelas V (Lima)
Kepala SDIT Lab School ISTEC                                                                                                               



(Laila Fauziah, S.Pd.)                                                                              (Heri Sugianto, S.Pd.I.)


No comments:

Post a Comment