Silabus
Lampiran 1
Sekolah : SD ____________
Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1.
Merespon dengan mengulang kosakata
baru dengan ucapan lantang
|
Contoh:
Guru: globe
Siswa: globe
Guru: clock
Siswa: clock
|
1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
|
·
Merespon dengan mengulang apa yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
·
Merespon dengan mengulang apa yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris
yang benar
|
Tes
lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen
to the words and repeat.
Guru:
desk
Murid:
(mengulang dengan ucapan lantang)
|
2 x 35 menit
|
· Gambar-
gambar/
benda terkait
· Rekaman
kaset/CD
· Buku teks
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.2 Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima
|
Contoh:
Guru: Stand
in front of your friend.
Siswa: (berdiri di depan temannya
masing-masing)
Guru: Introduce
yourself.
Siswa: (memperkenalkan diri)
Guru: Draw
an orange.
Siswa: (menggambar sebuah jeruk)
|
1. Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau
didengar dari kaset/CD
2. Siswa menjawab instruksi yang dikatakan guru atau yang didengar dari
kaset/CD
3. Siswa membuat gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang
didengar dari kaset/ CD
|
· Merespon
dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
· Merespon
dengan menjawab instruksi yang didengar
· Merespon
dengan membuat gambar
|
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
· Tes tulis
|
· Responding
· Responding
· Membuat gambar
|
Listen
to the instructions and follow them.
Guru: Borrow
a pencil from a friend in front of you.
Listen
to the instructions and answer them.
Listen
to the speaker and draw the pictures.
(terdapat gambar yang harus dibuat siswa)
|
2 x 35 menit
|
· Rekaman kaset/CD
· Buku teks
|
Silabus
Lampiran 2
Sekolah : SD ____________
Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana
dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memperkenalkan diri,
menanyakan kepemilikan, menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
|
Contoh:
A: What is
your name?
B: My name is
(student’s name)
A: Whose kite
is this?
B: It is
Charlie’s.
A: What is
Mira doing?
B: She is
walking .
|
1.
Tanya jawab yang berkaitan dengan
materi
2.
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3.
Membahas kosakata dan struktur
percakapan sesuai materi
4.
Latihan percakapan dalam bentuk
dialog
5.
Menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
· Memperkenalkan
diri
· Menanyakan
kepemilikan
· Menanyakan
kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
|
· Tes
lisan
· Unjuk
kerja
|
· Pertanyaan
· Performance
|
· Answer the questions orally!
· Act out the dialogue in front of the
class!
|
4 x 35 menit
|
·
Script
percakapan
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.2
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: menyebutkan nama-nama benda, menyebutkan di mana
seseorang berada, dan menyebutkan kesukaan dan kepunyaan
|
Contoh:
A: This is an
apple.
B: This is a
cauliflower.
A: Where is
John?
B: He is in
front of the blackboard.
A: Do you like
pets?
B: Yes, I do.
A: What pet do
you have?
B: A cat and a
dog.
|
1.
Tanya jawab yang berkaitan dengan
materi
2.
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3.
Membahas kosakata dan struktur
percakapan sesuai materi
4.
Latihan percakapan dalam bentuk
dialog
5.
Menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·
Menyebutkan nama-nama benda
·
Menyebutkan di mana seseorang berada
·
Menyebutkan kesukaan dan kepunyaan
|
Tes lisan
|
Tanya jawab
|
Ask and answer
the questions based on the situation or picture given.
|
4 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku
teks berisi percakapan
· Alat
peraga
|
Silabus
Lampiran 3
Sekolah : SD ____________
Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1
Membaca nyaring dengan ucapan dan
intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat
sangat sederhana
|
Pronunciation kata,
frasa, dan kalimat yang dipelajari
|
1. Mendengarkan
dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang
dilakukan guru
3. Menirukan
membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca
nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
|
1. Melafalkan
kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca
kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca
nyaring dengan baik dan benar
|
· Tes
unjuk kerja
· Observasi
|
· Uji
petik membaca nyaring
· Lembar
observasi
|
Read the
sentences aloud.
Read all the
sentences loudly and carefully.
|
2 x 35 menit
|
Buku teks
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.2
Memahami kalimat dan teks deskriptif
bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
· Kalimat-kalimat
sangat sederhana
· Teks
deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat
|
1. Mengidentifikasi
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam bacaan
3. Tanya
jawab yang terkait dengan materi
|
1. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada
dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
|
Point to the
correct objects in the pictures based on the text.
|
2 x 35 menit
|
· Buku
teks
· Alat
peraga
|
Silabus
Lampiran 4
Sekolah : SD ____________
Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1
Mengeja kosakata bahasa Inggris
sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar
|
Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama dan benda
kepemilikan dan nama-nama buah dan sayuran
|
Mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar
|
Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang
benar
|
Tes tulis
|
Menulis kosakata dengan ejaan yang benar
|
Write names of
fruits and vegetables.
|
4 x 35 menit
|
· Buku
teks
· Alat
peraga
|
4.2
Menebalkan kosakata bahasa Inggris
sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Kosakata sangat sederhana terkait dengan kata have/has dan kata depan
|
· Menebalkan
kosakata bahasa Inggris sangat sederhana sesuai dengan gambar
· Menulis
kata have/has dan kata depan di
dalam kalimat
|
· Menebalkan
kosakata bahasa Inggris sangat sederhana sesuai dengan gambar
· Menulis
kata have/has dan kata depan di
dalam kalimat
|
Tes tulis
|
· Menebalkan
kosakata bahasa Inggris sangat sederhana sesuai dengan gambar
· Menulis
kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar
|
Trace the
prepositions below according to the pictures.
Write have/has
in the space provided.
|
4 x 35 menit
|
· Buku
teks
· Alat
peraga
|
Silabus
Lampiran 5
Sekolah : SD ____________
Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1
Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan
dengan ucapan lantang
|
Contoh:
Guru: tennis
Siswa: tennis
Guru: surprised
Siswa: surprised
|
1.
Siswa bersama-sama mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD
2.
Masing-masing siswa
mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
|
·
Merespon dengan mengulang apa yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
·
Merespon dengan mengulang apa yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris
yang benar
|
Tes
lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen
to the words and repeat.
Guru:
Cycling.
Murid:
(mengulang dengan ucapan lantang)
|
2 x 35 menit
|
· Gambar-
gambar/
benda terkait
· Rekaman
kaset/CD
· Buku teks
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
instruksi secara berterima
|
Contoh:
Guru: Show
me you are happy.
Siswa: (menggambar ekspresi wajah gembira)
Guru: I
am swimming.
Siswa: (memperagakan gerakan berenang)
|
Siswa melakukan atau memperagakan
instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD
|
Merespon dengan melakukan atau memperagakan
instruksi-instruksi yang didengar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the
instructions and follow them.
Guru: Pretend you
are angry.
|
2 x 35 menit
|
· Gambar-
gambar/
benda terkait
· Rekaman
kaset/CD
· Buku teks
|
Silabus
Lampiran 6
Sekolah : SD ____________
Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan informasi sangat sederhana
dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1
Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
|
Contoh:
Guru: Which one
is thicker?
Siswa: Which one
is thicker? (bersama-sama)
Guru: The red
one.
Siswa: The red
one. (bersama-sama)
|
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
|
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
dengan pengucapan dan intonasi yang tepat
|
Unjuk kerja
|
Performance
|
Repeat the
expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru:
Which one is
bigger?
The yellow
one.
|
2 x 35 menit
|
·
Script
percakapan
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.2
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: menanyakan permainan yang sedang dilakukan seseorang
dan menanyakan keadaan seseorang
|
Contoh:
A: What are
you doing?
B: I am
playing tennis.
A: How do you
feel?
B: I am sad.
|
1. Tanya
jawab yang berkaitan dengan materi
2. Membahas
kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Latihan
percakapan dalam bentuk dialog
4. Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
· menanyakan
permainan yang sedang dilakukan seseorang
· menanyakan
keadaan seseorang
|
· Tes
lisan
· Unjuk
kerja
|
· Pertanyaan
· Performance
|
· Answer
the questions orally!
· Act out the dialogue in front of the
class!
|
4 x 35 menit
|
·
Script
percakapan
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
Silabus
Lampiran 7
Sekolah : SD ____________
Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks
deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1
Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang
melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana
|
Pronunciation frasa
dan kalimat yang dipelajari
|
1. Mendengarkan
dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan
contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan
membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca
nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
|
1. Melafalkan
frasa dan kalimat dengan benar
2. Membaca
frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca
nyaring dengan baik dan benar
|
· Tes
unjuk kerja
· Observasi
|
· Uji
petik membaca nyaring
· Lembar
observasi
|
Read the
sentences aloud.
Read all the
sentences loudly and carefully.
|
2 x 35 menit
|
Buku teks
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif
bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
· Kalimat-kalimat
sangat sederhana
· Teks
deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat
|
1. Mengidentifikasi
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam bacaan
3. Tanya
jawab yang terkait dengan materi
|
1. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada
dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
|
Read the text
and point to the pictures.
|
2 x 35 menit
|
· Buku
teks
· Alat
peraga
|
Silabus
Lampiran 8
Sekolah : SD ____________
Kelas : III (Tiga)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1
Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
dengan ejaan yang benar
|
Kosakata sangat sederhana terkait dengan perbandingan
|
Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar
|
Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
|
Tes tulis
|
Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
|
Write the
correct size.
|
4 x 35 menit
|
· Buku
teks
· Alat
peraga
|
8.2
Melengkapi kalimat-kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Kalimat-kalimat sangat sederhana dan kosakata yang
berkaitan
|
Melengkapi kalimat dengan kata-kata yang sesuai
berdasarkan gambar
|
Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
|
Tes tulis
|
Melengkapi kalimat dengan benar dan sesuai dengan
gambar
|
Complete the words
by writing the correct expressions according to the pictures.
|
4 x 35 menit
|
· Buku
teks
· Alat
peraga
|
No comments:
Post a Comment