Thursday, April 18, 2013

sinopsis clara

biasanya bagi anada yang kuliah dijurusan sastra atau bahasa inggris dan bahasa indonesia sering kali diberikan tugas oleh dosennya untuk membuat sinopsis tentang clara.. so ini ane berikan contoh sinopsis clara. maap-maap kata nih ye kalo sinopsisi dan bahasanya cak-acakan...

 
CLARA
(atau Wanita yang Diperkosa)
A. Sinopsis

 Seorang gadis yang tidak memandang perbedaan sebagai sesuatu yang sangat penting untuk dipermasalahkan. Clara adalah sosok yang ulet,disiplin, dan cerdas. Ia akan tahu apa yang harus dilakukan dalam saat-saat yang tidak menguntungkan. Seperti ketika dia harus sering pergi ke luar negeri untuk mengurusi perusahaan Ayahnya yang nyaris bangkrut. Namun, nasibnya kurang beruntung ketika terjadi kerusuhan di Ibukota pada saat itu. Dimana warga keturunan Cina mengalami penyiksaan oleh warga pribumi. Banyak orang keturunan Cina yang dibunuh, diperkosa, dan beragam penyiksaan lain yang dilakukan orang pribumi hanya karena mereka adalah “Cina”.Kabar dari Ibunya melalui telepon tentang kondisi yang tengah dialami keluarganya, membuat ia berpikir untuk melakukan tindakan menyelamatkan keluarganya. Namun dia sendiri lengah terhadap keselamatan dirinya.
 Ketika diperjalanan untuk menyelamatkan keluarganya, Clara bertemu dengan warga pribumi yang menjadi pelaku kerusuhan yang tengah terjadi. Mobil yang dikendarai oleh Clara dihentikan oleh warga pribumi tersebut. Pada keadaan itulah Clara menjadi korban penganiayaan.
Mereka menyiksa, memperkosa, dan merampas hartanya. Penganiayaan itu berlangsung entah berapa lama. Clara mendapatkan dirinya terbaring di atas jalan raya setelah pingsan yang dia sendiri pun tidak tahu berapa lamanya dengan tak sehelai benang pun menutupi tubuhnya. Clara melihat mobil yang dikendarainya tadi tengah dilahap si jago merah, isi tas yang berserakan, dan telepon genggamnya yang berkedip-kedip menandakan adanya pesan masuk. Badannya tidak bisa digerakkan sampai seorang ibu tua datang terbungkuk-bungkuk dan menutupi tubuhnya dengan kain. Clara berdiri membereskan isi tasnya dan mendengar pesan dari ayahnya yang mengatakan bahwa semua anggota keluarganya telah meninggal akibat kerusuhan itu. Penyiksaan fisik yang telah dialami Clara telah membuatnya sangat terhina ketika dia mulai bercerita dengan kalimat yang terputus-putus kepada salah seorang aparat berwajib untuk membuat laporan kejadian yang dialaminya. Tidak ada bahasa yang dapat menggambarkan rasa terhina seorang wanita yang menjadi korban penganiayaan hanya karena dia terlahir sebagai Cina.




HERI SUGIANTO
2011.IRB.0000008
INTRODUCTION TO LITERATURE

CLARA
(Neither the Raped Women)
A.      Synopsis

     
A girl who did not look at differences as something that is very important for the question. Clara is the figure of a resilient, disciplined, and smart. He'll know what to do in times that are not profitable. Like when he had frequent trips abroad to take care of his father who was almost bankrupt company. However, the unfortunate fate during a riot in the capital at the time. Where Chinese citizens have been tortured by indigenous citizens. Many Chinese people are murdered, raped, and various other torture indigenous people do just because they are "Chinese". News of his mother over the phone about the conditions being experienced by his family, made her think to take action to save his family. But he missed the safety of her own.

 When the journey to save his family, Clara met natives who become perpetrators of violence that was happening. Car driven by Clara stopped by the indigenous people. In that state of being victims of abuse Clara. They were tortured, raped, and robbed his property. The persecution lasted God knows how long. Clara found himself lying in the street after collapsing that he himself did not know how long with not a stitch to cover herself. Clara saw the car he was driving had been devoured amid the flames, scattering the contents of the bag, and cell phone flashing indicate incoming messages. Her body can’t be moved until an old lady came bent and covered her body with a cloth. Clara stands cleared her bag and heard a message from his father who said that all the members of his family have died from violence. Who have experienced physical abuse Clara has made so humiliated when she began with an intermittent sentence to one police authorities to report the incident that happened. No language can describe the humiliation of a woman who became victims of persecution simply because she was born a Chinese.

No comments:

Post a Comment